PLANET YANG BISA DIHUNI SELAIN BUMI


                  sumber : republika.co.id

 Tim UCL, yang telah mengamati K2-18b mengaku terkejut dengan tanda adanya uap air yang kuat di planet tersebut. "(Itu menunjukkan), pertama, terdapat atmosfer dan kedua, (planet itu) mengandung banyak air," ujar Anggota Tim UCL, Giovanna Tinetti.

Dalam istilah astronomi, K2-18b disebut Super Bumi, dengan ukuran berada di antara Bumi dan Neptunus. Namun K2-18b bukan kembaran bumi, melainkan sepupu Bumi. Kepadatannya dua pertiga dari Bumi, meski permukaannya berbatu, planet itu bisa disamakan sebagai dunia air.

"Kami tidak tahu planet lain dengan suhu yang tepat dan memiliki air di atmosfernya," kata Tsiaras kepada Guardian. Menurut laporan di Astronomi Alam, K2-18b memiliki antara 0,01% hingga 50% air di atmosfernya.

Manusia tidak akan hidup dengan baik di planet ini. Jika planet tersebut memiliki permukaan yang keras, akan sulit untuk berdiri dengan gravitasi yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan Bumi. Ditambah lagi dengan sinar UV yang intens, berpotensi mendorong mutasi penyebab kanker.

Peneliti di Tim UCL, Ingo Waldmann mengatakan, "Mungkin planet itu belum bisa menjadi tujuan liburan Anda untuk saat ini."

Sementara, Peneliti di Harvard & Smithsonian Center for Astrophysics, Ryan Cloutier mengatakan, deteksi uap air itu jadi penemuan berharga jika bisa dikonfirmasi. Keberadaan air tampak menjanjikan untuk kelayakhunian planet Sepupu Bumi itu.?

"Secara keseluruhan, keberadaan air di atmosfernya tentu meningkatkan prospek K2-18b menjadi planet yang berpotensi dihuni. Namun, dibutuhkan pengamatan lanjutan untuk mengonfirmasi hal itu," jelasnya.

Untuk itu, para astronom akan mempelajari Super Bumi lebih lanjut, khususnya pada tanda-tanda air di atmosfernya. Pekerjaan itu dijadwalkan pada tahun-tahun mendatang, dengan peluncuran teleskop ruang angkasa NASA, James Webb pada 2021 dan misi Ariel dari Badan Antariksa Eropa pada 2028.

Pengamatan lewat teleskop itu harus mengupas susuan atmosfer Super Bumi lebih lanjut, termasuk keberadaan metana dan gas lain yang bisa menjadi tanda langsung kehidupan.

Komentar

  1. Kenapa yaa mbak orang-orang banyak yang mempelajari ruang angkasa dan planet-planet lain? Apakah mungkin manusia bumi bisa tinggal di planet lain? Tau sendiri manusia itu rapuh & rentan terkenal penyakit.
    Bukannya akan lebih baik memperbaiki ekosistem bumi, ketimbang susah mencari planet lain dan memulai semuanya dari awal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya karna mempelajari luar angkasa bagus untuk mendapatkan informasi tentang bumi kita dimasa depannya, memperbaiki ekosistem bumi jg bagus, sebebnernya pindah ke planet lain hanyalah untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang menyebabkan bumi hancur, dan itupun masih dalam tahap penelitian terimakasih atas pertanyaannya :)

      Hapus
  2. Wah, menarik sih ini. Saya juga baca-baca ada planet-planet lain yang dapat dihuni, entah itu fakta atau masih opini belaka. Tetapi kata para ilmuan, planet tersebut merupakan planet extrasurya yang dapat dihuni. Tambahin lagi min infonya tentang hal planet yang dapat dihuni selain bumi. Di tunggu post-post updatenya min😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke terimakasih atas komentarnya, ditunggu ya postingan selanjutnya

      Hapus
  3. Wahhh info yang sangat menarik dan menjadi jawaban atas keresahan-keresahan yang terjadi di bumi dan Indonesia, jadi bisa ada kemungkinan pindah planet.. kira2 berapa biayaa ya kak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu biayanya sangat besar karena disana kita memulai kehidupan baru, jadi diperlukan banyak biaya tentunya

      Hapus
  4. Terjawab sudah pertanyaan saya dari blog ini. Kirain cuma isu aja, ternyata emang bener kalau ada planet lain selain bumi yg bakalan jdi tempat kehidupan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakssih jika blog saya membantu, trus ikutin postingan selanjutnya ya

      Hapus
  5. Wah keren banget sih min informasinya, lumayan nih bisa buat rekomendasi buat pindah rumah kalo bumi udah gak nyaman lagi... Terimakasih min..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer